Kamis, 26 April 2018

Tips Memilih Mata Kail untuk Memancing yang Sesuai Berdasarkan Cara Ikan Makan Umpan

Tips Memilih Mata Kail untuk Memancing yang Sesuai Berdasarkan Cara Ikan Makan Umpan

Ada beberapa hal dasar yang agaknya harus dipersiapkan sebelum pergi memancing, diantaranya adalah peralatan, mulai dari rell, joran, senar dan juga mata kail, dan juga umpan, umpan ini menjadi bagian yang sangat penting untuk menangkap ikan, biasanya disesuaikan dengan jenis ikan apa yang nantinya ingin ditangkap dan juga lokasi memancing. Pada dasarnya memang tidak semua orang memiliki hobby memancing, dibandingkan dengan wanita, pria lah yang paling sering melakukan kegiatan ini di sela-sela waktu luangnya.

Tentunya dengan tujuan untuk menghibur diri, melepas stress dan bonusnya adalah mendapatkan ikan. Tak harus jauh-jauh datang ke sungai atau bahkan ke laut, karena pada dasarnya ada banyak sekali kolam pemancingan yang bisa secara mudah Anda datangi, salah satu keuntungan yang didapatkan dengan memancing di kolam ikan ini adalah sudah pasti bisa mendapatkan tangkapan, tak hanya itu karena banyak orang disana, maka nantinya juga bisa sambil bercengkrama atau mengenal orang-orang baru.

Bagian yang paling penting untuk bisa mendapatkan ikan sebenarnya bukan hanya melihat dari segi umpan yang dipakai atau tempat pemancingannya, melainkan juga teknik-tekniknya. Jangan salah juga dalam mengaplikasikan mata kail, ini adalah salah satu bagian yang memiliki peran sebagai penghubung dengan ikan nantinya. Biasanya berbeda jenis ikan yang ingin ditangkap maka akan berbeda pula mata pancing yang harus dipasang, hal ini disesuaikan dengan cara makan ikan tersebut, berikut ini tips memilihnya, yaitu:

1. Ikan yang makan dengan cara menyambar, biasanya ikan-ikan laut yang ganas memakan umpan dengan cara sambaran, sehingga jenis dari hook yang digunakan sendiri juga harus kuat dan juga cepat dalam mengait mulut ikan, jenis yang paling cocok digunakan diantaranya adalah tuna hook atau big game hook, kail yang satu ini akan langsung mengikat kuat mulut ikan, meskipun melawan biasanya ikan tetap akan bis a tertangkap.

2. Ikan yang memakan dengan cara rangut, masih memancing di area lautan, biasanya jenis-jenis ikan yang memakan umpan dengan teknik ini adalah ikan merah hingga pari, untuk bisa mendapatkannya maka diperlukan kail yang bentuknya agak bengkok, sehingga tak akan terlepas setelah sekali dimakan. Anda bisa menggunakan jenis circle hook untuk memancing ikan-ikan tersebut. Meskipun mengikat kuat, namun setelah dilepas circle hook ini tak akan membuat mulut ikan jadi terluka.

3. Ikan yang makan dengan cara memangut, jenis ikan-ikan kecil biasanya makan dengan cara memangut, pergerakannya yang cukup stabil maka memudahkan untuk mendapatkan ikan tersebut, cukup gunakan jenis kain biasa saja dengan ukuran yang kecil, sehingga tak terlalu melukai anakan ikan tersebut, sedangkan untuk umpan yang dipakai sendiri cukup dengan mengandalkan cacing.

4. Ikan yang makan dengan cara menghisap, jangan salah karena ternyata juga ada beberapa jenis ikan yang memangsa umpan dengan cara menghisapnya, biasanya karena memiliki gigi-gigi yang cukup tajam, sehingga salah dalam memilih kail menyebabkan Anda gagal untuk menangkapnya. Pilihlah kail dengan bagian pangkal yang panjang dan juga bagian ujung runcing, jika bisa dilengkapi dengan banyak duri sehingga mempermudah untuk mengait mulut ikan.

Mata kail ini banyak dijual di pasaran dalam berbagai pilihan bentuk atau jenis, perbedaan jenis ini difungsikan untuk menangkap ikan yang berbeda-beda, sehingga jangan sampai salah dalam menjatuhkan pilihan Anda, bergantung lokasi memancing dan ikan yang ingin ditangkap.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms