Jumat, 22 Februari 2019

Berikut Tips Merawat Baterai Tanam (Non-Removable)

Berikut Tips Merawat Baterai Tanam (Non-Removable)

Samsung A7 menjadi smartphone yang banyak dicari masyarakat. Smartphone ini tentu juga dilengkapi dengan baterai tanam atau non-removable. Inovasi dalam sebuah produk tentu sangat penting. Inilah yang bisa dilihat dari produk-produk smartphone saat ini. Karena produsen smartphone tentu ingin memberikan hal terbaik untuk para pelanggannya.

Jaman dahulu mungkin sering Anda menemuni handphone yang baterainya bisa dilepas dan juga mudah menggantinya ketika sedang rusak. Namun berbeda dengan smartphone jaman sekarang yang menggunakan sistem baterai tanam atau yang biasa disebut dengan non-removable.

Baterai non-removable ini sejenis baterai yang sudah ditanamkan dalam smartphone. Maka dari itu, perlu yang namanya pembongkaran keseluruhan gadget, ketika akan membuka baterai satu ini. Inilah mengapa banyak yang menganggap non-removable adalah baterai yang tidak bisa dilepas.  

Nah jika Anda juga mempunyai smartphone dengan baterai non-removable misalnya Samsung A7. Berikut ini beberapa cara agar Anda bisa merawat baterai non-removable ini tetap awet:

1.Jangan charge handphone terlalu lama

Jika Anda memakai baterai tanam untuk smartphone, pastikan agar tidak mengisi baterai ketika sudah penuh. Ternyata jika baterai terlalu lama diisi daya, akan membuatnya lebih cepat rusak karena lamanya aliran listrik yang masuk ke dalam cell. 

Cara mencegahnya yaitu jangan mengisi daya baterai ketika Anda akan pergi tidur, sehingga tidak bisa mencabutnya. Pastikan handphone sudah tidak di-charge lagi ketika sudah terisi 100%.

2.Menggunakan charge original

Ternyata jika mengisi daya menggunakan charge yang tidak original, bisa merusak baterai tanam yang ada. Charge yang bukan original bisa mengirimkan aliran listrik dengan tegangan yang tidak stabil, misalnya lebih tinggi atau lebih rendah, dengan standart kapasitas baterai. Hal tersebut tentu akan memberikan efek buruk pada baterai.

3.Menggunakan kabel USB original

Menggunakan kabel USB yang original juga bisa membuat baterai non-removable lebih awet, sama halnya dengan charger original. Maka dari itu sebaiknya Anda jangan menggunakan kabel merk smartphone lain, walaupun typenya sama. Tentu Anda tidak ingin baterai handphone cepat rusak bukan?

4.Jangan menggunakan smartphone ketika dicharge

Tips selanjutnya agar baterai smartphone Anda bisa tetap awet adalah dengan tidak menggunakannya selama dicharge. Hal ini sering sekali terjadi pada pengguna smartphone. Ternyata menggunakan smartphone ketika dicharge ini akan membuat baterai non-removable menjadi cepat kembung lalu rusak.

Mengapa demikian? Karena ketika Anda menggunakan smartphone sambil dicharge, maka aliran listrik yang masuk akan langsung keluar begitu saja. Ini disebabkan smartphone juga dalam kondisi yang aktif. 

Maka dari itu, disarankan untuk Anda agar tidak menggunakan handphone ketika sedang diisi ulang daya.

5.Menggunakan aplikasi untuk menghemat baterai

Aplikasi penghemat baterai bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin merawat baterai tanam agat tetap awet. Fungsi aplikasi ini akan langsung terasa ketika Anda sudah menginstallnya. 

Cara kerjanya adalah dengan mematikan program yang sudah tidak aktif namun sedang berjalan pada smartphone. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin mencobanya, bisa langsung mendownload aplikasi satu ini.

6.Mengisi ulang baterai sebelum 25%

Lebih baik isi ulang baterai Anda sebelum daya mencapai 25%. Ini karena ketika Anda menunggu baterai hingga habis atau lowbat akan membuat baterai menjadi cepat rusak.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat smartphone dengan baterai tanam seperti Samsung A7. Semoga bermanfaat untuk Anda yang juga memiliki smartphone dengan jenis baterai yang sama. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms